Rabu, 15 Agustus 2012

Susahkah Mencari Pikiran Pokok?

Semester ini, saya naik kelas :) Saya mengajar di kelas 4 SD. Suatu kali, pembelajaran sudah sampai di KD: Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas 
Saya sudah duga lho, pasti anak-anak akan kesulitan dalam mencari pokok pikiran sebuah paragraf/bacaan. Benar saja, pretes pertama, anak-anak kelas 4 kesulitan mencari pokok pikirannya. Nah, setelah beberapa kali pertemuan, akhirnya banyak di antara mereka mulai mengerti mencari pokok pikiran. Memang sih, ada yang kurang teliti, yuk saya ajak untuk mengatasi kesulitannya.

Ini contoh RPP yang saya buat:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor   : 4

Satuan Pendidikan                  : SD Tarakanita
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : III / I
Waktu                                     : 3 x pertemuan
Tahun Ajaran                          : 2012/ 2013

A.      Standar Kompetensi
Membaca :  Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

B.       Kompetensi Dasar           
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
C.       Indikator 
3.1.1 Menemukan kalimat utama pada paragraf yang disediakan.
3.1.2 Menemukan pikiran pokok setiap paragraf.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menemukan kalimat utama pada paragraf yang disediakan.
2.    Siswa dapat menemukan pikiran pokok setiap paragraf.

E.       Materi Pokok
1.      PIKIRAN POKOK
2.      MEMBACA SEKILAS

F.        Metode Pembelajaran
1.      Student Active Learning (SAL)
2.      Diskusi

G.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Kebutuhan
Keterangan
I
Kegiatan Awal
-     Guru memberi mengawali pelajaran dengan berdoa setelah itu memberi salam.
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-     Guru mengingatkan kembali teknik membaca yang pernah dipelajari di kelas 3.

10 menit


II
Kegiatan Inti




Eksplorasi
-     Guru meminta siswa untuk membaca teks dari buku Sasebi halaman 1.
-     Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan tersebut.
-     Guru memberikan penjelasan tentang membaca sekilas.
-     Siswa menemukan kalimat utama pada bacaan tersebut.

Elaborasi
-       Siswa masuk dalam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
-       Siswa berdiskusi dalam menemukan kalimat utama dan pikiran pokok (menerima pendapat, mengajukan pendapat, keberanian)
(terlampir)

50 menit

Sasebi
















Indikator 1









Indikator 1
dan 2

Konfirmasi




­    Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Pikiran pokok atau yang disebut gagasan utama.
Kalimat utama adalah kalimat yang merupakan pokok, bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf.
­    Guru memberikan peneguhan kepada siswa.

5 menit


III
Kegiatan Akhir




Refleksi
Apa yang kalian dapat dari pembelajaran hari ini?
Bagaimana pendapatmu ketika menembukan kalimat utama?
Apakah bedanya kalimat utama dengan pikiran pokok?
10 menit





Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Kebutuhan
Keterangan
I
Kegiatan Awal
-     Guru memberi mengawali pelajaran dengan berdoa setelah itu memberi salam.
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-     Guru mengingatkan kembali teknik membaca sekilas

10 menit


II
Kegiatan Inti




Eksplorasi
-     Bertanya jawab tentang letak kalimat utama, dan pengertian pikiran pokok.
-     Siswa secara bergantian menebak kalimat utama dari paragraf yang disampaikan oleh guru.

Elaborasi
-       Siswa berlatih menemukan pikiran pokok dan kalimat utama dalam paragraf secara individu (teliti, pantang menyerah).
(terlampir)

50 menit

Sasebi





















Indikator 1 dan 2

Konfirmasi




­    Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Pikiran pokok atau yang disebut gagasan utama.
Kalimat utama adalah kalimat yang merupakan pokok, bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf.
­    Guru memberikan peneguhan kepada siswa.

5 menit


III
Kegiatan Akhir




Refleksi
Apa yang kalian dapat dari pembelajaran hari ini?
Bagaimana pendapatmu ketika menembukan kalimat utama?
Apakah bedanya kalimat utama dengan pikiran pokok?
Apakah kamu masih kesulitan menemukan pokok pikiran dan kalimat utamanya?
10 menit




Pertemuan III

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Kebutuhan
Keterangan
I
Kegiatan Awal
-     Guru memberi mengawali pelajaran dengan berdoa setelah itu memberi salam.
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-     Guru mengingatkan kembali teknik membaca sekilas

10 menit


II
Kegiatan Inti




Eksplorasi
-     Bertanya jawab tentang letak kalimat utama, dan pengertian pikiran pokok.
-     Siswa secara bergantian menebak kalimat utama dari paragraf (keberanian, cermat)

Elaborasi
-       Siswa berlatih menemukan pikiran pokok dan kalimat utama dalam paragraf secara individu
-       (terlampir)

50 menit

Sasebi
















Indikator 1




Indikator 1
dan 2

Konfirmasi




­    Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Pikiran pokok atau yang disebut gagasan utama.
Kalimat utama adalah kalimat yang merupakan pokok, bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf.
­    Guru memberikan peneguhan kepada siswa.

5 menit


III
Kegiatan Akhir




Refleksi
Apa yang kalian dapat dari pembelajaran hari ini?
Bagaimana pendapatmu ketika menembukan kalimat utama?
Apakah bedanya kalimat utama dengan pikiran pokok?
Apakah kamu masih kesulitan menemukan pokok pikiran dan kalimat utamanya?
10 menit




H.    Alat dan Sumber
a.       Alat                 :  Lembar kerja siswa
b.      Sumber            :  Sasebi (halaman 1-2)
§  Pengamatan       :
                 Keaktifan siswa dalam pembelajaran dan keseriusan mengerjakan tugas.

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
 Sangat Aktif
4
100
  Aktif
3
86 99
Cukup aktif
2
71 85
Kurang aktif
1
<70

I.       Pedoman Penilaian
·           Penilaian (di pertemuan 3)
1.      Jika siswa dapat menemukan kalimat utama dan pokok pikiran dengan benar dan tepat skor = 20
2.      Jika siswa hanya dapat menemukan kalimat utamanya saja dengan tepat atau pokok pikiran dengan tepat skor = 10
3.    Jika siswa dapat menemukan kalimat utama dan pokok pikiran kurang tepat namun logis sesuai dengan isi paragraf skor 15

Nilai total = 120 : 1,2  = 100


Mengetahui,                                                                                  Magelang, 14 Juli 2012
Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas




C. Yuliarto, S.Pd                                                                          Herlinda Mipur Marindang, S.Pd







LKS Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran   : Menemukan Pokok Pikiran
Nama Kelompok         :


Temukan kalimat utama dan pokok pikiran pada paragraf di bawah ini!
a.   
                Semua warga desa bergotong royong menghijaukan tanah tandus. Pak Lurah datang mengawasi penanaman bibit. Anak-anak menggali lubang, bapak-bapak menanam pohon, dan ibu-ibu menyiram pohon.
   
Kalimat utamanya adalah ….

Pokok pikirannya adalah ….

                Kesuburan tanah dapat dijaga dengan pemupukan secara teratur. Kita juga dapat menggunakan bermacam-macam pupuk untuk mengolah tanah itu. Pupuk alam dihasilkan oleh alam, seperti kotoran hewan, kompos, dan lain-lainnya, sedangkan pupuk buatan dibuat oleh pabrik seperti urea, TSP, dan sebagainya. Semua jenis pupuk itu dapat kita gunakan sebagai bahan campuran jika kita sedang mengolah tanah. Jika tamah kita ini subur, maka kita pun akan menjadi makmur.
b. Kalimat utamanya adalah ….

   Pokok pikirannya adalah ….

          Pertandingan berlangsung amat seru. Setiadi mendapat umpan terobosan dan berlangsung berhadapan dengan kipper Danil Suhega. Tembakan datar dan tidak terlalu keras yang dilakukan oleh Setiadi ke pojok kanan gawang memperdayai Danil. Gol tunggal Utama Jaya dicetak Setiadi pada menit ke-75.
c.   Kalimat utamanya adalah ….

     Pokok pikirannya adalah ….


ANALISISLAH PARAGRAF BERIKUT, TEMUKAN KALIMAT UTAMA DAN PIKIRAN POKOKNYA! (LKS 2)
1.             Plastik mengepung kehidupan kita. Limbah plastik tergolong sampah yang sulit terurai secara alamiah. Kondisi ini mengundang reaksi karena rongsokan plastik merupakan krisis sampah padat. Cara mengatasinya adalah daur ulang, karena dianggap jalan yang paling aman. Masalahnya bagaimana meningkatkan teknologi daur ulang sehingga dapat dihasilkan bahan baku plastik yang kualitasnya bagus.

2.             Di antara mereka, terlihat seorang gadis berkepang dua. Ia membawa kardus coklat. Ruri kaget melihat gadis itu. Ia mengenali gadis itu. Gadis itu adalah Ayu.

3.             Keledai dan unta bersahabat baik. Mereka tinggal bersama majikan yang kejam. Sang majikan selalu memperlakukan mereka dengan kasar. Ia menyuruh mereka membawa barang-barang berat.

4.             Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional. Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku.
5.           Malam harinya kami mulai sibuk. Barang sewaan mulai berdatangan. Tenda dipasang langsung oleh petugas. Keluarga inti berbincang-bincang merancang bagaimana arena harus diatur. Di mana tempat duduk anak yang dikhitan, di mana kursi undangan, tempat pembawa acara, pembicara, dan sebagainya. Sebagian menyiapkan dipan tempat khitanan dengan hiasan-hiasan spreinya. sebagian tetap di dapur menyiapkan makan selanjutnya. Ada pula yang membuat panganan untuk penambah makanan kecil. Pokoknya semua bekerja.

______________________________________________________________________________
  
LEMBAR PENILAIAN

TEMUKAN KALIMAT UTAMA DAN PIKIRAN POKOK TIAP PARAGRAFNYA!

            Bunga teratai itu indah sekali. Bunganya mekar. Warnanya ungu agak keputih-putihan. Ada juga warna kuning pada bagian kelopaknya. Ujung-ujungnya melengkung lancip, mirip seperti kuku.
            Bunga itu tumbuh subur, tampak pada daunnya yang hijau dan besar-besar. Daun-daunnya mengembang pada permukaan air. Kelopak-kelopaknya tampak bercahaya diterpa sinar mentari.
           
1.
a.    Kalimat utama paragraf 1 adalah…. (skor 10)
Pokok pikiran paragraf 1 adalah ….  (skor 10)

b.     Kalimat utama paragraf 2 adalah …. (skor 10)
Pokok pikiran paragraf 2 adalah ….  (skor 10)

            Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor (PKT KRB) tengah mengembangkan kawasan taman ekologi “Ecopark”. Taman seluas 189 hektar ini berada di Cibinong Science Center. Uniknya, taman itu dilengkapi danau buatan yang airnya berasal dari 23 titik mata air di kawasan Cibinong, Jawa Barat.
            Di kawasan “Ecopark” berbagai jenis tumbuhan dikoleksi dan dikelompokkan berdasarkan wilayah asalnya. Tujuannya agar memudahkan peneliti atau pengunjung mengenali asal-usul tumbuhan. Saat ini, di sana sudah ditanam sekitar 3.000 pohon. Semua pohon berasal dari hutan-hutan di Indonesia. Ada juga beberapa jenis tumbuhan dari luar negeri, namun itu hanya untuk penghias taman.
2.
a.       Kalimat utama paragraf 1 adalah …. (skor 10)
Pokok pikiran paragraf 1 adalah ….  (skor 10)

b.      Kalimat utama paragraf 2 adalah …. (skor 10)
Pokok pikiran paragraf 2 adalah ….  (skor 10)

                Paus adalah salah satu keluarga mamalia yang hidup di laut. Hewan ini terbagi menjadi beberapa jenis, seperti paus orca, paus biru, lumba-lumba, dan paus bongkok. Paus biru paling besar, tubuhnya bisa mencapai 30 meter.
            Paus yang paling banyak diburu adalah jenis Right Whales (paus tepat). Gerakannya yang lambat dan kaku membuatnya lebih mudah diburu. Paus jenis ini diburu untuk diambil dagingnya. Paus diburu dengan perahu besar  dan alat-alat yang berat. Akibatnya, dalam waktu singkat populasi paus semakin berkurang dan mendekati kepunahan.
 
 3.
a.    Kalimat utama paragraf 1 adalah … (skor 10)
Pokok pikiran paragraf 1 adalah …  (skor 10)

            b.    Kalimat utama paragraf 2 adalah … (skor 10)
Pokok pikiran paragraf 2 adalah …. (skor 10)


 Nah, itu RPP saya sebagai bekal saya di kelas. Sekarang saya akan share bagaimana menanamkan konsep pokok pikiran kepada anak.

Gagasan Utama yang sering disebut pokok pikiran, ide pokok, atau gagasan utama merupakan kalimay topik yang menjadi tumpuan untuk mengembangkan isi paragraf (Buku Pintar, kelas 4,5, dan 6 ; Enung, Nur Aeni). Secara simple, saya mengutarakan bahwa pokok pikiran itu adalah ide utama sebuah bacaan.
Pokok pikiran ini SELALU berada di kalimat utama. Apa itu kalimat utama? 
Kalimat Utama adalah kalimat yang merupakan pokok pengembangan sebuah paragraf. Kalimat utama ini biasanya terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf (campuran). Ciri kalimat utama adalah: pernyataan di dalamnya, merupakan rangkuman dari isi paragraf.
Kalimat utama diikuti oleh kalimat-kalimat lain yakni kalimat penjelas yang berfungsi untuk menjelaskan  gagasan utama.


"Nak, anggap saja, kamu sedang mencari pencuri, pencuri itu tak lain adalah kalimat utama. Kamu, harus mencari kalimat utamanya terlebih dahulu."

Saya menggunakan ilustrasi pencuri agar mempermudah daya ingat anak, jika anak sudah menemukan kalimat utamanya, secara otomatis anak juga bisa menemukan pokok pikirannya. Karena masih kelas 4 SD, maka penemuan si pencuri dipermudah lagi. Jika anak sudah menemukan Subjek (yang dibicarakan, baik orang maupun benda) maka di situlah kalimat utamanya.  Sedangkan, kalimat utama yang berada di akhir paragraf memiliki ciri, diikuti oleh karena itu, oleh sebab itu, maka, atau jadi. Mari kita coba yuk...

         Semua warga desa bergotong royong menghijaukan tanah tandus. Pak Lurah datang mengawasi penanaman bibit. Anak-anak menggali lubang, bapak-bapak menanam pohon, dan ibu-ibu menyiram pohon.

Kalimat utamanya adalah semua warga desa bergotong royong menghijaukan tanah tandus.
(Subjek atau yang dibicarakan adalah semua warga desa. Pak Lurah, anak-anak, bapak-bapak, dan ibu-ibu sebagai kalimat penjelas, karena termasuk "semua warga").

Pokok pikirannya adalah semua warga desa bergotong royong menghijaukan tanah tandus.

Letak kalimat utama berada di awal kalimat, maka pokok pikirannya pun bisa ditemukan di awal kalimat, karena menyimpulkan isi paragraf.

Mudah bukan? Nah, tips di atas semoga bisa menjadi pegangan pembaca apabila mengalami kesulitan dalam mencari pokok pikiran. Selamat belajar :)

*Sumber materi : Aeni, Enung Nur. 2010. Buku Pintar Bahasa Indonesia SD untuk kelas 4, 5, dan 6. Jakarta: Wahyu Media.
 penyusun RPP adalah penulis yang sedang getol menulis.