Selasa, 18 Januari 2011

Sang Guru Berkharisma

St Kartono
Penuh dengan semangat, permulaan yang tepat untuk menggambarkan seorang Stefanus Kartono. Dari kacamata seorang 'saya', beliau sangat membawa inspiratif dan perubahan besar. Entah, dari tutur katanya yang bijak, berbobot atau dari gesturenya yang spontan membuat seolah-olah beliau begitu memiliki kharisma. Bertemu pertama kali ketika mengikuti mata kuliah Teknik Penulisan Berita, beliau yang sangat disiplin waktu, selalu datang lebih awal dari para mahasiswa, dan menyambut kedatangan para mahasiswa dengan senyum ramah dan antusias. Tentu saja, setiap mata kuliah yang dibawakan beliau dibawakan dengan sangat menyenangkan dan tidak membosankan, mengajak para mahasiswa untuk aktif menulis dan bertanya, dan memberikan kesempatan untuk belajar 'di luar' (ekspedisi, wawancara, dsb). 

Pertemuan kedua saya dengan beliau ketika saya diberi kesempatan menjadi mahasiswa PPL di Kolese De Britto. Dengan tangan terbuka, beliau membimbing dan mengajarkan tentang bagaimana menjadi guru yang baik. Setelah hampir dua tahun ini, saya belajar banyak dari beliau. Secara tidak langsung banyak hal yang bisa disharingkan, berbagi pengalaman, saran dan kritik serta saling membantu dalam berbagai permasalahan. Seperti kata beliau, "Selama saya bisa bantu pasti saya bantu", hal itu pula yang juga saya contoh dalam kehidupan sehari-hari, berusaha membantu teman selama saya masih bisa membantu. 

* Sebuah tulisan singkat ini adalah sepenggal kekaguman saya akan beliau. Tulisan ini memang tak seindah dan tak sebermakna tulisan yang dibuat beliau, namun saya ingin begitu, membudidayakan kesenangan dengan menulis. Karena semua manusia tak ada yang sama, paling tidak saya ingin sama-sama senang menulis dan mendidik siswa kelak. Itu saja.

Terima kasih untuk bimbingannya selama ini Sang Guru Berkharisma...

**mohon maaf apabila ada kesalahan kata/nama

 

Tidak ada komentar: